Ask.fm = Judge.fm

by - 1:34 PM


Hallo, buat kamu yang anak jaman masa kekinian. Yang socmeders abis, kalian pasti kenal sama salah satu social media yang booming dijaman sekarang. Ask.fm.

Apa itu Ask.fm?

Sama seperti dengan namanya. Ask = bertanya. Dalam socmed yang bernama ask.fm ini, kalian dapat bertanya kepada user ask.fm lainnya hal yang ingin kalian tanyakan. Hadir nampak tak jauh berbeda dengan twitter dan teman-temannya, ask.fm kini lumayan banyak digandrungi oleh anak muda jaman sekarang.

Fungsi dari ask.fm itu sendiri sebenernya untuk seru-seruan aja sih menurut gue. Lo nanya ke orang, terus orangnya jawab. Udah sih gitu-gitu aja. Tapi, ada yang unik dari ask.fm ini yang membuat gue pengen ngebahasnya.

Gue adalah pengguna pasif ask.fm, pernah buat karena penasaran tapi akhirnya gak pernah gue mainin lagi. So, this i am.

Ada beberapa hal yang pengen gue bahas soal ask.fm disini:

  1. Ask.fm = Judge.fm
Salah satu keunggulan ask.fm ini adalah, adanya fitur anonymus atau “pertanyaan anonym”, maksudnya adalah kalian dapat bertanya pada salah satu user tanpa diketahui identitas kalian sendiri. Yap, bagi kalian yang mengaktifkan fitur “pertanyaan anonym” ini, harus siap-siap deh ya menerima beberapa bully-an dari orang lain. Karena gue lihat, social media yang seharusnya bisa jadi ‘alat’ seru-seruan kini menjadi sebuah ‘alat’ yang berubah jadi hal yang serius. Misalnya, untuk menyindir sesama, atau nge-bully. Bahkan Judging pun gak luput dari social media. Salah men-judge orang lain tanpa pernah berkaca pada diri sendiri. Ya, itulah yang kini terjadi. Ask.fm menurut gue adalah salah satu social media yang paling enak untuk dijadikan tempat judging. Kenapa? Ya seperti yang gue bilang, adanya fitur “pertanyaan anonym” itu membuat sebagian orang menyalahgunakannya untuk ngejudge orang lain. Tapi, menurut gue orang yang Cuma berani ngejudge di ask.fm dengan “anonymus” atau di social media manapun tak lain hanyalah seorang pengecut. Why? Just think about it.




  1. Tempatnya para secret admirer berbahagia
Nah, bagi kalian para secret admirer. Berbahagialah kalian karena kini ada social media yang dapat mendukung ‘aksi’ kalian. Like I said, fitur hide my name atau pertanyaan anonym, bisa jadi ‘alat’ bagi para secret admirer melancarkan aksinya.



  1. Instagram kedua
Mungkin kalau hanya sekedar upload foto di social media itu sudah biasa, tapi kalau ‘kita yang disuruh untuk mengupload foto’ itu baru luar dari biasanya. Ada salah satu pertanyaan atau semacam sugesti dalam ask.fm yang paling sering muncul. Post a picture atau yang lebih dikenal dengan PAP. Misalnya: “Pap foto lo dong sama pacar!”, “Pap foto terbaru dong”, “Pap dong sekarang lagi apa”. Nah, kalau kalian dapet kalimat seperti itu di ask.fm, itu tandanya kalian disuruh upload foto kalian sesuai permintaan si penanya. Dan aktivitas PAP ini menurut gue yang paling sering muncul di ask.fm. agree? Hehe..



  1. Ask.fm = Kepo.fm
Nahhhh… ini nih. Bagi kalian yang hobinya Cuma kepoin aktivitas orang, ya ask.fm ini cukup menjadi tempat bagi kalian kepoers. Disini kalian bisa tau foto terbarunya, sampai makanan kesukaan, hal yang dibenci, dan lain sebagainya. At the end, kepoers makin betah ada di ask.fm, kayanya..



  1. Curhat terselubung
Ya, bisa jadi. Bisa aja kalian lagi jawab-jawab pertanyaann orang terus sekalian curhat colongan buat ngodein doi. Siapa tahu doi peka.. ya kan usaha gak ada salahnya xD


Oke, cukup 5 hal itu pendapat gue soal ask.fm.. Seperti yang pernah gue bilang sebelumnya, kalian gak harus sejalan sama apa yang gue bilang. Karena setiap orang berhak punya pikirannya masing-masing.

Hey, stop judging, bullying, and hating. Can we live in peace?

- Society is funny. They ask you to be yourself and yet they judge you. -




You May Also Like

1 comments

  1. ini kayak formspring ya yg lebih tenar dulu diluar sana, sekarang udah ganti jadi new.spring.me
    lumayan buat kepoin, ahaha

    ReplyDelete