Selfie-Candid, Everywhere.

by - 2:55 PM



Hari ini abis blogwalking-an, path-an, ig-an, fb-an, friendster-an, youtube-an, guling-gulingan, tiduran, terbalik-an, sampe loncat-loncatan. Tapi nggak twitteran. Karena… lupa password cyiin. Abis ngudek-ngudek itu semua, gue nemuin 1 hashtag yang lagi booming dimana-mana. Epriwer. #Candid.

Candid! Apaan tuh candid? Bahasa baru? Kok nge-trend banget dimana-mana?

Sebelum gue ngebahas soal candid, gue mau bahas si saudaranya candid dulu.

Setelah beberapa waktu lalu booming kata Selfie, sekarang udah ada yang baru lagi. Sebelum gue bahas soal kalimat-trend-baru sekarang, ada baiknya kita kenal dulu soal selfie. Apa itu selfie? Apa dia seorang anak manusia? Atau sebuah benda? Atau jangan-jangan….. Bukan, selfie itu bukan anak manusia, bukan benda juga, tapi ‘sesuatu’ yang ketenarannya bisa melebihi manusia. Ng… ???????

Selfie

Self-portrait atau yang dikenal dengan Selfie, secara harfiah seringkali diartikan sebagai aktivitas memotret diri sendiri atau narsisme. Jika ditelusuri lebih dalam pengertian ‘Selfie’ menurut referensi pustakawan Britania adalah “sebuah pengambilan foto diri sendiri melalui smartphone atau webcam yang kemudian diungguh ke situs web media sosial.”

Ribet ya? Kepanjangan. Udah pokoknya intinya narsis gitu deh. Foto selfie yang booming banget dimana-mana, sampe dijadiin bahan meme adalah fotonya Ellen DeGeneres  diacara Academy Awards, 2 Maret  2014 lalu. Foto yang diunggah Ellen juga berhasil memecahkan rekor retweet terbanyak di twitter melalui foto selfie yang Ia ambil bersama bintang-bintang besar Hollywood, seperti: Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, Brad Pitt, Angelina Jolie, dan yang lainnya.










Ada beberapa tipe-tipe orang yang selfie.

Selfie pamer hp atau kamera 


Biasanya orang tipe ini dia ber-selfie ria di depan kaca. Atau nggak dia atau temannya yang punya kamera, ya sebut saja DSLR, dia pinjem dan difoto dengan pose dia memegang kamera atau bergaya seakan sedang memoto. Ya, sometimes foto itu menipu. Yang suka lihat foto ala-ala lagi bawa kamera, jangan ketipu. Bisa aja itu kamera temannya terus dia pinjem ._. 




Selfie mesra dengan pacar


Kalau kalian selfie sama pacar sih ya biasa ya. Tapi, coba tekankan lagi. Selfie mesra dengan pacar. Yang dimaksud mesra gimana? Maksudnya adalah foto yang benar-benar (harusnya) bersifat privacy tapi malah diumbar di umum. Misalnya, foto lagi kissing, atau lagi berpose yang seharusnya gak dilihatin ke publik. Ya itu sih terserah mereka ya. Itu kan hak mereka buat share, cuma emangnya gak malu kalau hal privacy harus dilihat publik? Belum lagi akan banyak para judgers yang 'menghantam' kalian. So, becarefully.





Selfie dengan 'gaya' .....



Maksud gue disini bukan gaya sembarang gaya. Jadi,waktu gue masih sekolah dulu (Baru masuk SMA) ada 1 gaya yang semua orang setiap difoto selalu kayak gitu. Apa? Yaitu gaya dengan bibir dimonyongin ke depan dan jari telunjuk tepat didepannya. Dengan pengambilan gambar dari atas, jadi posisi kita menghadap ke kamera yaitu ke arah atas. Inget kan trend ini? xD





Selfie apa lagi nonton bareng?



Ngerti maksudnya? Pernah lihat kan orang selfie berame-rame? Serombongan gitu. Sampe-sampe mereka lupa kalau kamera gak muat moto semua orang didalamnya. Dan, akhirnya fotonya kepotong. Ada yang kefoto kakinya doang, tangannya doang, kepalanya doang, hatinya doang. Eh...????


Kebayang gak gimana hasil fotonya? 

Selfienya lelaki



Pernah lihat laki-laki atau cowok selfie? Hm, maksud gue begitu sering selfie alias banc* kamera. Pernah? Banyakkkk. Dan yang paling agak bikin geli adalah lihat laki-laki foto dengan gayanya yang di-unyu-unyu-in. Aaaaaaaaaa, tidakkkkkkkkkkkkk! 





Selfie sebelum beraktivitas



 Kalau yang satu ini emang udah jadi kebiasaan sekarang. Mau makan bukannya baca do'a malah selfie dulu. Mau tidur, selfie dulu. Mau mandi, selfie dulu. Gak sekalian aja pas mandi lo selfie (?)


Selfie sebelum manjat pohon.

Belum selesai nge-trend-nya selfie, sekarang udah ada lagi yang baru. Jadi inget sama iklan ini,"Alika, ada yang baru nih." 


Sekarang kita bahas soal pokok permasalahan kita diawal.


Candid.

Candid sebenarnya bukan bahasa baru dalam dunia photography. Hanya saja bagi sebagian orang ini merupakan kosakata baru.

Apa itu candid?


Candid adalah foto atau potret yang dibuat dengan cara sembunyi2 sehingga objek foto tidak menyadarinya. Foto-foto hasil candid ini hasilnya lebih natural dan gak dibuat-buat.

Candid ( menurut kamus OXFORD ) = Photograph is one that is taken without the person in it knowing that they are being photographed.

Jadi, seharusnya objek (manusia) yang difoto itu gak menyadari kalau dia lagi difoto. Tapi, belakangan ini gue lihat candid jadi bergeser arah. Banyak orang yang bergaya ala candid-candid-an. Maksudnya? Iya jadi orang itu sengaja berpose seolah-olah tidak tahu bahwa ia sedang difoto. Padahal sebenarnya dia menyadarinya.

Gimana cara ngebedainnya?

Berhubung kebetulan punya temen yang kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual, sering motret juga, alhasil gue tanya-tanya aja ke dia soal candid.

Jadi, cara ngebedain orang yang bener-bener difoto candid dengan orang yang fotonya sengaja di-candid-in adalah melihat ekspresinya.

“Biasanya orang yang sadar kamera ekspresinya lebih agak kaku. Jadi seolah dibuat-buat” – NoName.

Agak susah sih ya buat bedainnya juga kalau orang yang awam fotografi yang lihat. Jadi, intinya 'si' candid ini emang lagi jadi bahan hashtag dimana-mana. Entah kenapa dan alasannya apa. Mungkin menurut mereka itu lebih keren, maybe.


So, am i. 


Sampai disini dulu deh pembahasan kali ini. Kayaknya gue udah dosa banget ngambil foto orang. Bisa-bisa kena UU IT. Maaf ya, di sensor kok mukanya hihi.



By the way, ini candid (bukan) gue 





Itu yang foto candid diatas, subhanallah tampannya bukan main, anyway. Namanya Muhammad Aliando Syarief, lahiran 26 Oktober 1996. Keturunan Arab-Padang. Twitter? @Aliando26 & @Alysyarief. 



Oh, iya. Tambahan.. Berhubung di pencarian google banyak yang nyari artinya no caption needed dan masuk kesini. Gue bakal kasih tau arti dari: No Caption Needed adalah sebuah foto yang tidak membutuhkan keterangan (caption) apapun. 

Mana candid lo? 

 

Smile....You're on candid camera!!!!








You May Also Like

24 comments

  1. eh kenapa bukan foto selfie terbaru Dannu yg lu pajang, waks XD
    candid ya... umm, inget dulu jaman gue masih chuunibyo sama si Febri sok dikejar-kejar paparazi.. huahahaha X'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gue temen yang jahat, bisa
      aja nih gue masukin foto dannu,
      tapi gak tega ah xD. Ntar juga
      orangnya nongol x))

      Delete
  2. Ternyata banyak fans ya ngomongin gw. Hahha.. terima kasih .

    ReplyDelete
  3. pantesan tadi ada yang ngasih singkatan seperti itu hehe cuman ga aku balas soalnya ga ngerti jilbab syar'i murah

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. F99DE
    ----
    ----
    matadorbet
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----

    ReplyDelete