#Pamcol - Pamer Colongan

by - 11:24 AM




Hallo-Holla-Hai.

Happy weekend yaaaa.

Mau #Curcol (curhat colongan) dong dikit. Entah apa Cuma gue yang sering ngeluh begini, kayaknya makin hari pengguna socmed makin ada-ada aja ya tipenya. Ada yang suka Typo, Kepo, dan Pamcol. Nah, kali ini gue mau bahas soal pamcol atau pamer colongan. Jadi beberapa hari yang lalu, gue liat di salah satu social media, penulis favourite gue lagi ngebahas soal pamcol. Hmm, setelah gue fikir-fikir bagus juga kalau diangkat ke blog. Sekalian mau ‘membawa’ pesan tersembunyinya.

Kalau pernah denger soal curcol atau curhat colongan, sekarang ada lagi pamcol atau pamer colongan. Maksudnya gimana? Maksudnya adalah, ya dari namanya aja udah ketahuan pamerkan? Udah gak heran kalau di social media sering liat orang posting foto yang timbulnya Cuma mau pamer aja. Pasti diantara kalian ada yang sering lihat atau bahkan sering ngelakuin sendiri Pamcol ini.

Misalnya:

Ada orang update status,”Gila nih tugas gak kelar-kelar” terus foto laptopnya dari belakang biar keliatan merk apel-nya.

Di toko itu kok murah ya. Padahal aku beli sepatu kayak gitu harganya 3 juta di onlineshop”

Atau foto selfie di cermin pamerin gadget sendiri.

Banyak orang yang gak sadar kalau sikapnya itu menunjukan pamer didepan orang banyak. Padahal barangnya dibeliin orang tua, tapi dipamerinnya dengan bangga.

Pamer atau Riya’ itu salah satu sifat yang gak disukai Tuhan loh. #edisiReligius.

Ya kayak, pamer kemesraan di social media contohnya (?) yekeleussss.

Jaman dulu, kamera buat moto. Jaman sekarang, kamera buat jadi objek yang difoto. Padahal kamera pinjem temen.

Jaman dulu, mobil buat kendaraan jalan. Jaman sekarang, mobil buat gaya-gayaan difoto. #pamcol
Padahal fotonya di rental mobil.

Foto Selfie pake baju-baju branded di kaca, biar dikira sophaholic pakenya barang branded. Eh, tapi harga bajunya ikutan ke foto. Padahal fotonya di kamar ganti baju. #Pamcol

Pasang PM bbm, “Lagi otw ke....” #Pamcol

Foto selfie didalam mobil, biar dikira mobil sendiri. Padahal fotonya lagi didalam taksi. #Pamcol

Update status,”Ntar buka puasa pakai apa ya?”. Padahal bukan bulan puasa. #Pamcol :/

Update cek in-an di tempat kece gak lupa di update dengan hashtag #latepost, padahal udah di rumah. #Pamcol :/

Mulai dari bb, tab, iphone, laptop, DSLR, dikumpulin jadi satu. Terus difoto, dijadiin DP. Kalau yang ini sih emang niat pamer namanya ._.

Tanpa lo sadari, ‘kegiatan’ lo biasa pamer di socmed itu bisa mengundang bahaya loh. Pernah denger berita gak, sebuah rumah dirampok gara-gara dia share foto sejumlah uang yang gak sedikit di socmed? Ini berita udah lama banget, lo bisa cari aja sendiri di google ya. Gue lagi males googling.

Dan, parahnyaa lagi. Sering banget gue lihat orang mau ibadah aja harus update.

Shalat dulu ah, mendekatkan diri sama Tuhan.

Ibadah yang harusnya dapet pahala, malah berkurang pahalanya gara-gara Riya’ di socmed.

How could you...

Jejaring media Path sekarang menjadi sarangnya #Pamcol. Gak percaya? Dalam sehari, gue bisa lihat lebih dari sekali orang yang (mungkin gak sengaja) #Pamcol.

Upload foto, captionnya “Mie Goreng” tapi kamera fokusnya ke arah gadget yang sengaja dijejerkan disampingnya. Wtf -_-

Pasang DP nilai IPK 3,9, tapi statusnya,”Kesel, gak bisa dapet A semua.”
Atau
Pasang DP foto dicakep-cakepin, tapi statusnya,”Ih, lagi jelek banget sihhhh.”
Kalau itu sih bukan #Pamcol namanya, tapi emang Attention Seeker.

Oke lah, itu hak kalian mau share apapun di socmed. Cuma apa gak mau difikir-fikir lagi kalau mau upload foto yang berhubungan sama gadget? Iri? Nggak, tapi malah bikin gue risih. Gue tahu kalian orang berada, tapi gak semua orang harus tahu juga, toh?

Entah apa yang ada difikiran kalian ketika kalian lagi (mungkin khilaf) ngelakuin #pamcol, emang sengaja mau pamer atau...?

Apapun yang lo punya, kan gak semua orang harus tahu. Gak semua gadget yang lo punya harus lo pamerin. Sometimes, tindakan lo itu malah nyinggung mereka yang gak punya.

Pernah gak sih kalian mikir, kalian pamer ini itu sedangkan kalian tahu ada temen kalian yang pengen banget punya tapi gak mampu? Gimana perasaan mereka?

Mungkin akhir-akhir ini gue emang sering ngeluh soal social media. Karena, makin kesini makin ‘miring’ aja penggunaan social media. Makin jauh kelewat batas menurut gue.

Jadi, gue pernah nonton film Thailand gitu. Judulnya “Friend never die atau My True Friend”. Yang dibintangin sama Mario Maurer. Seketika pas gue ngetik ini gue menjerit gak jelas ._.

Ada sebuah adegan yang gue suka, mungkin gak nyambung sih sama pembahasan kita ini, tapi ya lo ambil aja pesannya.

Jadi disitu ada seorang anak baru gitu masuk ke sebuah genk tenar disekolah, terus tuh anak bilang gini,”Hey Gun, lihat. aku membuat sebuat tattoo nama genk kita ditanganku. Agar semua orang tahu tentang genk kita.” Dan temannya membalas,”Trademark yang ada didalam diri kita, gak perlu dipamerin. Gak perlu semua orang tahu. Cukup diri kita aja yang tahu.”

By the way, ini film bagus banget. Recommended banget buat kalian!

That’s the point! Apapun yang lo miliki, gak perlu orang lain tahu. Cukup diri lo aja yang tahu. Percaya deh, ‘aksi’ lo yang suka #Pamcol di socmed itu, Cuma bikin lo bakal dipandang sebelah mata sama pengguna socmed lainnya. Karena apa? Karena emang dasarnya pamer itu gak disukain sama semua orang. Kecuali, sama orang-orang yang juga suka pamer.

Gue bukan manusia sempurna, gue nulis ini bukan mau menggurui. Jujur, gue pun pernah khilaf secara gak sengaja pernah #pamcol. Tapi, gue belajar dari kesalahan. So, buat kalian yang masih suka pamcol di socmed, mulai kurangin lah pamcol-nya. Itu bisa bikin rusak pencitraan lo sendiri loh. Ya semoga aja dengan baca ini, kalian bisa berubah. Maaf-maaf aja nih kalau ada yang kesindir. Namanya juga social media, yang disindir A, yang ngerasa BCDEFGH....Z.

Have a nice weekend!



Nih buat kalian yang mikir gue ngomong diatas adalah omong belaka.








Kalau yang ini bukan #pamcol namanya, tapi #kode



You May Also Like

1 comments

  1. Haha, pernah denger hyang kyak beginian :)
    Salam kenal kawan :) --- Irfan Andriarto ---
    Kalau mau ng'blog sambil bisnis Daftar di sini broh, GRATIS ! Lumayan kok di sini Daftar

    ReplyDelete