Alasan kenapa harus coba dunia literasi.

by - 4:00 PM


Literasi adalah salah satu kata dalam studi media yang seringkali disalahartikan. Literasi seringkali dianggap sinonim dengan kata pemahaman sehingga kata tersebut bisa menggantikan kata pemahaman untuk bidang apa pun. Padahal istilah literasi secara inheren melekat pada media, terutama pesan media. Salah kaprah kedua adalah semata-mata menganggap literasi (media) sebagai pandangan kritis atas media. Bila kita melihat lebih dalam, sesungguhnya kemampuan mengenal media secara baik dan benar pun sudah termasuk literasi media.

Beberapa alasan kenapa kalian harus coba dunia literasi atau penulis.

  1. Menulis bisa dimana saja. Kalian bisa menulis banyak hal dimana saja kalian mau. Bahkan di tempat yang sangat terpencil sekalipun.
  2. Menulis tidak ada batasan usia. Entah kalian anak kecil, remaja, atau dewasa sekali pun. Kalian tidak dibatasi usia untuk terus menulis.
  3. Menulis tidak memandang title. Yap. Untuk jadi seorang penulis, kalian gak perlu jadi sarjana. Gak peduli apapun pendidikan kalian, kalian bisa untuk jadi penulis.
  4. Apapun hal bisa dijadikan ide. Segala hal yang sedang kalian pikirkan saat ini, dapat kalian jadikan sebuah ide untuk menulis. Dengan menulis, kalian bisa menuangkan segala isi pikiran kalian. Dan, dengan menulis juga kalian dapat memainkan emosi dari sang pembaca tersebut.
  5. Tidak membutuhkan modal. Kalian gak perlu modal dengan biaya yang cukup besar untuk menulis. Cukup berbekal ide, kalian sudah dapat menulis. Ide lebih berharga dari berapapun uang yang kalian keluarkan. Karena ide bukan untuk diperjual-belikan. Dan hanya sebagian orang yang mampu membuat ide-ide yang unpredictable.
  6. Menulis tidak membedakan kasta. Mau kalian orang berada atau tidak sekalipun, tidak ada larangan untuk tetap menulis.
  7. Menulis tidak membedakan fisik. Bahkan orang yang memiliki cacat fisik sekalipun tetap dapat menulis. Yang terutama adalah semangat.
Itulah beberapa alasan betapa mudahnya untuk menjadi penulis. Yang terpenting adalah jangan berhenti menuangkan segala ide-ide, jangan takut hasilnya jelek. Karena yang utama adalah prosesnya, bukan hasilnya. Jika kalian berusaha dengan segala upaya terbaik kalian, maka Tuhan pun akan membalas sesuai dengan usaha yang kalian lakukan.

Jangan malu untuk jadi penulis. Ada yang bilang, jadi penulis itu lebay. Jangan hiraukan cacian, jadikan itu sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Kembangkan karyamu seluas yang kalian bisa lakukan. Karena dalam berkarya tidak ada batasan maksimal.

So, come and join with us.

biarkan garis-garis pena mu memenuhi kertasmu yang kosong. kelak, kau akan membaca kembali kertas mu dan kau ceritakan pada anak cucumu.

wherever i am, if i've got a book with me, i have a place i can go and be happy - JK. Rowling




You May Also Like

1 comments

  1. yang nomer 5 kayaknya alasan paling utama ya???
    http://goo.gl/Lvemy0

    ReplyDelete