Tipe-tipe pengguna facebook. Kamu, yang mana?

by - 10:09 AM




Hari ini gue disibukin sama blogwalking. Berhubung pacar sibuk cari modal buat nikah, alhasil gue pacaran aja sama komputer. Lumayan buat baca-baca blog dari yang bermutu sampe yang.... ya gitu deh. Dari mood baik sampe ada di level; pengen makan orang. Dari yang mata seger sampe yang; Cuma bisa melek kalau liat kamu aja. Ini hari Minggu ku, kalau kamu?

Dan, berhubung di rumah pun modem mati. Wifi dari hp pun kuota abis, alhasil gue bela-belain ke kantor bokap cuma biar dapet sambungan internet buat blogging. Lumayan, disini tenang gak ada suara berisik dan sempurna banget buat blogging sama refresh otak yang besok udah harus disibukkin sama kerjaan lagi.

Seharian ini juga gue online di republik Facebook yang kejam dengan cacian dan bully-an. Gue Cuma ‘nontonin’ mereka aja yang sibuk update dan ngeluh tentang hidup mereka yang sebenarnya indah tapi dibuat-buat jadi penuh drama sedih kayak film-film telenovela jaman dahulu atau kayak film korea jaman sekarang.

Gue mau share beberapa tipe-tipe orang yang ada di facebook. Dari yang biasa aja, sampe yang annoying banget. Gitu. Let me tell you...

1.       Orang tukang update.
Tiap beberapa menit sekali doi update terus. Dari dia melek sampe dia tidur lagi, sepanjang harinya hanya dipenuhi dengan kegiatan update. Bahkan mau pup aja pun harus update. Mau tidur aja update. Duh, kalau udah ketemu orang yang kayak gini rasanya..... pengen banget bilang “Woy, update-an lu tuh gak penting!”

2.       Orang tukang ngeluh.
Hadehhh. Dari pagi, siang, malem. Nih orang punya satu kerjaan. Ngeluh terus! Dikit-dikit ngeluh. Pusing dikit ngeluh. Kekenyangan dikit ngeluh. Telat update dikit ngeluh. Heran.

3.       Orang penuh drama.
Entah harus apa kalau udah ngeliat orang yang kayak gini. Harus kasihan atau malah kesel? Ya abisan gimana nggak kesel, update-nya itu loh yang over-dramastis. Padahal sepele, tapi dramanya lebih dari kisah ftv-ftv lebay yang ada di tv. Ex: “Aduh, hp aku abis jatoh nih. Yah, pasti nanti lecet deh. Nanti pecah deh. Aaaah nanti pasti kenapa-napa deh hapenya. Aduhhhh gimana nih. Ah, sedih banget sumpah. Ya ampuuuun aku harus gimanaaaa.” Padahal HP nya Cuma jatuh dari ketinggian 10cm. Hell!

4.       Orang penyindir.
Yang kayak gini jangan ditiru ya, please jangan. Dosa. Orang yang gak salah apa-apa, yang gak tahu apa-apa disindir terus. Padahal dia belum pernah ketemu sama temen facebooknya itu. Tapi disindir terus seolah-olah si korban abis melakukan pembunuhan keji. Tega...

5.       Orang bijak.
Orang yang satu ini gue rasa terinspirasi sama pak Mario Teguh. Kerjaannya kalau update tentang kalimat bijak gitu. Entah tentang hidup, percintaan, asmara, sampai zodiak. Doi adalah paket lengkap informasi di facebook deh pokoknya. Tapi, gue gak yakin kalau dia juga nerapin kalimat bijaknya itu di kehidupannya. Well, pribadi orang didunia maya dan dunia nyata itu kadang berbeda.

6.       Orang yang puitis.
Ada kali isi update-an-nya sama kayak nulis di 1 halaman word. Panjaaaaaaaang banget. Padahal intinya sama aja. Cuma kalimatnya diulang-ulang terus. Dan bahasanya pake perumpamaan dan bahasa kalbu yang sulit dimengerti. Gue udah gak bisa berkata apa-apa lagi kalau liat orangt kayak gini. Ekspresi gue cukup mengernyitkan dahi aja lah.

7.       Orang tukang curhat.
Untung tukang curhat, bukan tukang malakin orang. Kalau lagi boring dan buka facebook liat orang yang lagi curhat itu posisinya gini; satu sisi gue pengen banget nasehatin, tapi ntar kalau udah dinasehatin dia ngomel-ngomel gak jelas deh,”Apaan sih gak usah sok ikut campur sama urusan gue deh, kenal aja nggak, bla-bla-bla-bla.” #Wadeziggggg. Dan di satu sisi gue pengen ketawa aja liatin mereka curhat. Ya abisan curhatnya gak kelar-kelar.  Gimana mau dapet solusi kalau kerjaannya Cuma curhat mulu gak udah-udah. Makanya kalau mau curhat ke mamah dedeh aja sih, biar langsung dapet solusinya.


8.       Orang tukang do’a.
Ini orang salah kaprah banget kali ya. Ya kali do’a kok di dunia maya. Emangnya Tuhan punya facebook? Kalau update isinya do’a mulu. Bukannya gak boleh, Cuma agak aneh aja liatnya. Kalau mau do’a yang abis shalat bukannya pas online. Udah gitu do’a nya gini,”Ya Allah, semoga nanti malam turun hujan-badai-salju-angin muter-muter kalau perlu. Biar yang punya pasangan tetep di rumah.” Hell-ooooo? Hancur dunia persilatan udah pokoke!


9.       Orang tukang modus.
Gak tua, gak muda. Suka banget modusin orang. Apalagi wanita. Emangnya kita para wanita Cuma dijadiin tempat buat modus doang apa? Udah pada nikah dan punya anak, tapi di facebook modusin ABG lagi. Duh, ini tuh ya berasa pengen gue bilang ke dia,”Inget anak istri, doooong.” Tua-tua keladi nih. Bilangnya bujangan, padahal cucunya segudang.



10.   Orang tukang upload makanan.
Seinget gue waktu gue kecil gue diajarin, kalau mau makan baca do’a. Tapi, ternyata seiring berjalannya jaman semua berubah sejak teknologi menyerang. Sekarang, kalau mau makan mah difoto dulu makanannya terus diupload deh dengan caption,”Lagi makan nih, enak deh. Mau?” nenek-nenek juga tahu kalau lo lagi makan, siapa bilang lagi tidur.


11.   Orang alay.
Demi apapun gue mau teriak. 2014 nih masih ada aja yang alay? Gue agak risih sih ya kalau nemuin orang yang nulis pake huruf gede kecil gitu, mungkin pas SD dia gak merhatiin gurunya buat penulisan huruf kapital. Atau gak nulis diselipin angka ditengah-tengahnya. Itu mau nulis apa bikin plat kendaraan? Atau nggak nulis pake bahasa B*B. Lo tahu kan smartphone sekarang udah canggih-canggih, bisa bikin bahasa tulisan sendiri. Yang Cuma ngetik HAHA aja bisa jadi panjaaaaaang pake emot gak penting dan makan beberapa paragraf. Terus kalau diliat dari hape biasa yang bukan B*B atau dliliat dari komputer jadinya kotak-kotak tulisannya. Au ah, seterah yang pake smartphone aja.





12.   Orang tukang jalan-jalan.
Travelling? Bukan, bukan itu maksudnya. Gue sering banget nemu di facebook, orang-orang yang update terus ada lokasi ‘lagi-dimananya-dia-berada’. Ya kalau lokasinya bener-bener nama tempat atau jalanan sih gak apa-apa. Lah, ini... “Lagi menikmati sendu @kamar tercinta menyendiri sepi dibawah shower-terus-showeran-basah-basahan-terus-nyanyi-ala-ala-india-micnya-pake-gayung” Terseraaaaahhhhhh!



13.   Orang tukang nyanyi.
Mendingan ini orang kayak gini ikutan audisi-audisi nyanyi aja deh. Kayak Indonesian*Idol atau gak A*F*I atau gak K*D*I. Kasihan liatnya. Tiap update kerjaannya nyanyi mulu. “Semoga kau hidup di neraka!” begitu lagi nyanyi. Ya Allah, aku kudu piye toh?

14.   Orang tukang marah-marah.
Gak tahu lagi harus gimana ketemu ini orang. Kerjaannya tiap hari marah-marah mulu. Gak tahu apa yang dia marahin. Apa segitu besarnya kah cobaan hidupnya sampe kerjaannya gak lain marah-marah terus? :(


15.   Orang #nomention
Anggep aja lah facebook itu kayak twitter. Kan sama-sama bisa update. Cuma emang banyak bedanya, next time kita bahas ini. kali ini mau bahas orang yang ‘sok misterius’. Update sih, tertuju dan terarah buat entah-siapa-nya-itu tapi ya gitu #nomention. Gak berani sebut nama ataupun ditag statusnya ke orang yang tertuju gitu. Ya kayak secret admirer gitu deh. “Oh, bungaku. Kamu adalah wanita tercantik yang aku temui. Wajahmu sama seperti rembulan!” Jangan mau disamain sama bulan. Bolong-bolong dong mukanya? Capedeh.


16.   Orang yang-pacarnya-dimana-mana
Gak banyak ngomong deh ya. Kerjaannya tiap hari update soal pacarnya terus. Senin; pacar pertama. Selasa; pacar ketiga. Rabu; pacar kedua. Bla-bla-bla-etc... senin; 12-03-14 sayang kamuhhh. Selasa; 21-01-14 lope you beb. Yaudahlah terserah lo aja. Gue agak anti sama orang tipe ini. Ini-serius-gak-boong.

17.   Orang inggris.
Gak tahu emang doi beneran keturunan inggris apa Cuma inggris-inggrisan. Statusnya inggris semua. Cuma ya gitu. Gue tahu pasti translate nya pake google translate. Abis ditranslate langsung di copy. “Kamu mematahkan hatiku.” = “You adalah tukang pukul hatiku”. Skip!


18.   Orang yang attention seeker.
Entahlah mungkin di dunia nyatanya gak ada yang ngasih perhatian kali, sampe-sampe di facebook kerjaannya Cuma ngespam di notif. Apa yang dia lakuin? Ngelike-in foto di album kita satu-satu. Bayangin, 1 album ada 200 foto. Isinya notif dari dia semua. Atau gak status kita yang udah lalu-lalu di like in semuaaa. Aaaaaaaaaaaaah, ini gue pernah ngalamin. Serius. Rasanya? You-know-that-feeling-lah~


19.   Orang yang minta diculik.
Orang dimana-mana mah takut buat diculik, lah ini malah minta diculik. Apa yang lo  rasa sih? “Please, culik gue kemana aja. gue gak betah dirumah.” Shit!” \(--,




20.   Orang yang-mau-ngechat-tapi-gak-berani-ngomong
Ya kayak secret admirer gitu deh. Demi Dia, rela mantengin komputer berjam-jam Cuma buat nungguuin dia ON. Giliran dia ON, si ‘penunggu’ ini Cuma bisa ngeliatin room chat nya aja. Udah diketik HAI, tapi gak berani di Enter. Kacian :p




21.   Orang yang hobi ngomong kasar dan terlalu frontal.
I know that’s ur account. Tapi jaga etika juga, bisa? Sering kali liat orang marah-marah pake bahasa kasar. Pake bahasa hewan. Nanti kalau dinasehatin, bilangnya,”Yaudah kalau gak suka, unfriend aja. Ribet banget sih!” Hellooooow? Bukan itu permasalahannya. Ngelakuin itu si  gampang, Cuma yang jadi masalahnya adalah etika lo yang gak bisa ngehargain adanya orang-orang yang gak suka sama bahasa kasar lo. Lo fikir semua orang suka liat status bahasa lo yang kasar? Gue tahu itu akun lo, bebas mau lo apain aja. tapi inget, lo ada di dunia yang semua orang bisa lihat apa yang lo ucap. Jaga bahasa, bisa?



22.   Orang yang suka share gambar tidak lazim.
Damn! Astaghfirullah aja deh buat tipe ini. Gue buka facebook kan bukan buat liat yang kayak gituan lo share, brooo. Kalau sekiranya itu hal sesuatu yang privacy, ya gak usah diumbar lah. Apalagi sampe ada foto naked gitu. Udahlah buat orang yang kayak gini, gak ada option lain. Remove tanpa basa-basi aja ya? :(

21.       Orang kebanyakan #hestek.
#lagidikamar #sendirian #galau #hujan #dengerinmusik #sambiltidurtiduran #pakeheadset #terusupdate #kemudiantidurbeneran.





Masih banyak sebenernya tipe-tipenya. Tapi, berhubung time limit. Jadi segitu aja deh. Republik Indonesia sama republik facebook itu gak jauh beda. Tipe-tipe kayak gitu didunia nyata pasti banyak, ya kan? Kebiasaan buruk, cukup kita aja yang tahu. Orang lain jangan. Orang lain juga butuh kenyamanan dalam bersosialisasi. Bisa aja banyak orang terganggu dengan kebiasaan lo itu. ya kan?

Ya intinya, walaupun berbeda-beda tetap satu jua, toh? Jangan pada ribut didunia maya. Jangan bawa masalah pribadi ke dunia maya. Jangan terlalu umbar privacy ke dunia maya. Jangan terlalu sibuk megurusi orang didunia maya. Jangan...

Gue pun sebagai pengguna social media, gak sempurna. Seenggaknya, gue pasti pernah ngelakuin kesalahan yang mengganggu kenyamanan orang. Tapi, gue mau berubah dan belajar jadi pengguna aktif social media yang lebih baik. Dengan kritikan orang, gue belajar,”Gue salah.”

Jadi smart people diantara canggihnya teknologi. Jangan sampai lo malah dibodohin sama teknologi. Jangan juga jadi diperbudak teknologi. Secanggih apapun teknologi, ciptaan Tuhan seperti manusia ini jauh lebih canggih dari teknologi dan ciptaan yang lain. Manusia punya akal, fikiran, dan hati. Sedangkan teknolog hanya alat untuk mempermudah segala urusan kita. Kita yang mengendalikan teknologi. Bukan teknologi yang mengendalikan kita.

Enjoy your day! Have a nice life.

Semoga kita jadi pribadi yang lebih baik lagi. Dan...

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah swt.  Aamiin.

You May Also Like

3 comments

  1. Wahahaha, saya termasuk nih,
    saya tuh.. nomor 5, 6, 7, wkwk
    Kalo orang yang pacarnya dimana-mana, itu mustahil buat saya :v
    Artikelnya menghibur :)

    ReplyDelete
  2. Gue termasuk yang tukang nyanyi kalo update lirik lagu, sok inggris juga eh tapi skrg ada kemajuan pake bhs jepang :p suka no mention juga, haha

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete