Instagram's life

by - 7:08 AM





Instagram menjadi sebuah wadah bagi para pecinta seni foto. Baik yang memoto, maupun yang difoto.

Makanya banyak yang nulis “Picture can tell a thousand words” atau “Picture can talk”.

Tapi, kalian tau gak sih fungsi instagram bukan cuma sekedar upload foto doang? Diinstagram juga kita bisa menyukai, berkomentar, bahkan mengirim pesan pribadi.

But, wait... apa ada yang sadar kalo beberapa fungsi diatas banyak disalah gunain sama sebagian orang?

Gue gak jarang dapetin BOOM like di instagram dari orang yang gak gue kenal. Emang sih awalnya dia tiba-tiba follow gue, berhubung gue gak kenal dia siapa, jadi gue gak follback. Beberapa hari setelah dia follow gue, tiba-tiba gue dapet notif boom like dari dia. Termasuk foto-foto gue yang udah lama banget. Which means, dia stalking gue dong? Masih gue abaikan, karena gue fikir paling cuma orang iseng. Gak lama kemudian, dia nge-DM gue. Say,”Hai.”

Penasaran, akhirnya gue lihat profilenya. Dan, gue bener-bener gak kenal dia siapa. Jadi, gue memutuskan buat mengabaikannya, lagi.

Beberapa hari selanjutnya, dia terus ngirimin gue DM. Yang masih gak gue bales, karena gue gak kenal orangnya.

Sampe akhirnya, gue sadar kalo followers gue berkurang satu akun. Dikarenakan waktu gue banyak yang luang, akhirnya gue iseng buat ngecek. And, guess what? Dia nge-unfollow gue. Orang yang pernah nge-DM dan gue abaikan itu nge-unfollow gue.

Gue sih gak ada masalah ya mau di-unfollow kek, di-block kek. Cs it’s not important. Cuma, buat gue itu terlalu lucu aja.

Orang jadi mempunyai beberapa alasan konyol untuk memutuskan meng-unfollow orang lain.

Kalo unfollownya karena risih sama postingan orang lain its oke, ya. Tapi, ini...

“Cuma karena kita mengabaikan dia, dan gak pernah respon DM yang berindikasi kata ‘tricking’. Dan, dengan alasan kita gak follback dia.”

Dan, menurut gue. Ini konyol. Dan, terlalu sayang buat disimpen sendirian cerita kayak gini.

Ketika lo bisa menambah jaringan pertemanan lo dengan siapapun, lalu kenapa harus muncul alasan unfollow; dia gak bisa ditricking atau dia gak follback gue.

Hallo... yang namanya akun pribadi itu punya hak loh buat mengikuti siapapun. Kalo lo dirasa gak cukup menarik buat diikuti atau bukan orang yang dikenal juga, ya terus kenapa? Dimana masalahnya?

Terus kalo misalnya gue gak kenal lo, dan gue gak follback lo, itu jadi masalah? Sampe lo harus spamming di akun ig gue bilang sombong? What the..sabar.

Oh ya, sama satu lagi, gue paling risih banget sama pengguna instagram yang hobby nya cuma julid dan ngejatohin depan umum.

Contoh: gue ada masalah sama si A. Terus, suatu hari, si A komen di kolom IG gue, ngomong kalo gue... bla bla bla bla. (menceritakan masalah gue sama dia).

Hell.

Gue rasa yang namanya masalah, apalagi kalo terlalu pribadi, orang lain gak perlu tau. Serius, kalo ada orang yang kayak gini, gue pengen bilang,”Situ waras?”

Ditambah, kalo udah ada orang yang follow-for-judging. HEHEHE. Ini rese’, sih.

Ketika lo di-follow orang, tapi cuma buat dijadiin bahan judging / bullying.

Yang namanya lo berani follow akun instagram orang lain, ya berarti lo gak bisa kali protes sama apa yang dia upload atau berkomentar sama gaya hidupnya yang dia perlihatkan.

Lo siapa? Pendiri instagram?

Serius deh, ngejudge orang lain cuma lewat foto-foto yang dia upload itu... freak.

Nge-judge orang lain yang ada di depa mata aja gak boleh, apalagi nge-judge orang lain lewat foto, yang orangnya aja entah ada dimana.

Gak ngerti lagi sih sama jalan pikiran orang-orang yang kayak gini. Menjadikan, tricking is everything? Kepo is everything? Julid is everything? Atau, judging is everything?

Memang, ketika lo berani share foto apapun ke dalam akun sosial media lo, sama aja lo udah mengizinkan publik buat menikmati foto-foto yang lo unggah. But, it doesnt mean, gue atau pun kita, ngebiarin orang-orang judging dengan apa yang kita pake, apa yang kita makan, dan apa yang kita lakuin.

Its too weird.

Instagram yang seharusnya jadi sosmed fun pun bisa berubah jadi akun yang patut dijaga dari orang-orang iseng, ya?

Thats why i decide buat ngelock akun instagram. Bukannya sombong, tapi setelah kejadian itu. Lalu, gue juga pernah di stalking sama orang-orang yang bahkan kehadiran mereka aja gue gak tau, kemudian foto gue di re-upload sama akun itu, dengan caption yang menjelek-jelekkan. Itulah alasan kenapa akhirnya gue memutuskan untuk mengunci akun.

Sharing is caring.

Cuma mau ingetin, bermain akun sosmed dengan ‘bebas’ udah gak aman lagi. Termasuk, instagram. Path yang segitu privasinya aja, bisa tetep ‘didatengin’ sama orang-orang iseng.

Kalo lo merasa nyaman untuk nge-share kehidupan pribadi lo di sosial media, its oke. You can share anything, with everyone.

Tapi, ya, gak ada sosial media yang aman. Semua bisa aja kejadian. Foto diambil, atau disalahgunain. So, just be careful dengan apa yang mau lo share.

Karena sekarang, bukan lagi mulut yang tajem, tapi jari.

YA KALO GAK MAU RIBET, GAK USAH MAIN SOSMED, MBA?

Wohooo, mau ketawa sih kalo ada yang komen gini. Situ siapa, yak? Tau yang namanya Hak Asasi Manusia, ‘kan? Bersosial media itu hak masing-masing orang. Kalian gak perlu komentar banyak tentang hidup orang lain. Mind your own business.

At, the end... Mudah-mudahan kita selalu terhindar dari orang-orang gabut gak punya kerjaan yang hobby-nya ngurusin hidup orang lain. J

Dan, jadilah pengguna sosial media yang baik. Yang menghargai apapun hal yang menjadi urusan orang lain.


LOVE,


ME.



You May Also Like

6 comments

  1. Saya nggak begitu aktif di media sosial manapun, kalo dominannya di twitter, sama aja sepertinya ya. suka ada yg ngefolow terus mention semua twit, like, rituit, ampe yg lama2 juga ngeDM. karena gak kunjung dibales, trus unfollow. uniknya, udah unfollow, dia bakal folow orang yg pernah mention kita, ngelakuin hal sama, jika dibales, dia bakal "curhat" tentang kita yg sombong. maksudnya mungkin baik, ngajak kenalan, tapi kan ada etikanya juga.

    yang paling ngeselin juga, ada yg ngefollow cuma buat nyari slaah2nya kita. misal dulu kita pernag upload/ngetwit/bikin status tentang sikap, di kemudian hari, kitanya jadi lebih mengerti dan tau sikap dulu kita itu tidak baik, lalu bikin post baru dgn pemikiran baru tersebut. eh, ama dia post yg dulu di capture, yg sekarang juga dicapture, terus dipost ama dia berdampingan dengan caption, munafik. jadi kalo kita menjaid org yg lebih baik itu bakal dicap munafik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang, orang banyak yang nyari celah untuk membully dibanding sadar sama diri sendiri. kalo ada yang bilang jakarta itu keras, sekarang ada yang lebih keras, dunia maya. :)

      Delete