"Kartu Hitam" bulutangkis di Olimpiade

by - 10:14 AM


Insiden kartu hitam mewarnai pertandingan Greysia Polii/Meiliana Jauhari melawan pasangan Korea Selatan Ha JE/Kim MJ di laga terakhir Grup C. Pertandingan yang memperebutkan posisi juara grup C ini terlihat adem-ayem. Bahkan kedua pasangan terlihat tidak ingin menang dalam match kali ini.

Terlihat tidak bersemangat melakukan pertandingan, menyita perhatian wahit kehormatan untuk memberikan teguran. Setelah beberapa kali ditegur, kedua pasangan masih saja terlihat tidak bersemangat. Dan menyebabkan diberikannya kartu hitam bagi kedua pasangan.

Kedua pasangan ini terlihat sengaja menghindari pasangan satu dunia yaitu Wang Xiaoli/Yu Yang. Sehingga tampak dari kedua pasangan rasa enggan memenangkan pertandingan.

Kartu hitam atau black card sempat dianulir wasit kehormatan setelah pelatih kedua kubu mencoba bernegosiasi kepada wasit. Setelah dikeluarkan kartu hitam, itu memacu Jauhari/Polii untuk memenangkan game pertama  dengan 21 – 18. Namun pada game  kedua pasangan Korsel menang mudah 21 – 14  dalam waktu 13 menit.

Namun, lagi-lagi terjadi penguluran waktu di game ketigaterjadi upaya mengulur waktu, sehingga wasit kehormatan terpaksa berdiri di samping wasit yang memimpin pertandingan. Merasa tak nyaman main diawasi wasit kehormatan, akhirnya pemain Korsel bermain serius untuk memenangkan game ketiga dengan 21 – 12.

Bahkan menurut Sigit Budiarto yang menjadi komentator pertandingan yang disiarkan langsung RCTI ini, kasus kartu hitam baru kali pertama ini terjadi. Dan ini sangat memalukan karena terjadi di ajang sekelas Olimpiade.

Semua berawal dari kekalahan Tian/Zhao (Tian Qing/Zhao Yunlei). Sebelumnya, pasangan China Tian/Zhao mengalami kekalahan dari pasangan ganda putri Denmark, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter-Juhl. Hasil itu membuat Tian/Zhao gagal menjuarai grupnya sehingga berpotensi bertemu rekan senegaranya, Wang/Yu, di semifinal. Walhasil, jika itu terjadi maka harapan China guna mempertemukan keduanya di final jelas pupus.

Dari skenario menuju final, pertemuan Wang/Yu dengan Tian/Zhao--dua ganda putri unggulan teratas dalam Olimpiade 2012--di babak semifinal bisa saja dihindari jika Wang/Yu hanya lolos ke perempatfinal sebagai runner-up di Grup A.

Pada prosesnya, Wang/Yu ternyata benar-benar menyudahi fase grup sebagai runner-up setelah kalah dari pasangan Korea Kim Ha Na/Jung Kyung Eun, yang di atas kertas bukanlah lawan sepadan. Maka laga itu pun turut diwarnai cibiran dan kecurigaan karena Wang/Yu diduga sengaja mengalah demi strategi besar tim China.

Kekalahan Wang/Yu yang lolos sebagai runner-up Grup A itulah yang beberapa saat kemudian berlanjut kepada drama kartu hitam di partai Meiliana/Greysia kontra Ha/Kim. Di perempatfinal, Ha/Kim kini akan bertemu Wang/Yu sedangkan Meiliana/Greysia berjumpa Kim/Jung.

Komentar-komentar dari berbagai pihak sempat mewarnai page bulutangkis di social network twitter. Mereka terus menyesali keadaan yang seharusnya tidak terjadi diajang olimpiade bergengsi seperti ini.

Miris ditengah perhelatan olimpiade, ada saja drama dan permainan tidak sportif seperti ini !

Pedersen/Juhl dari Denmark, kalahkan Tian/Zhao

 Wang Xiaoli/Yu Yang kalah straight dari Kim/Jung

Pertandingan Indonesia vs Korea sempat dihentikan

Pertandingan sempat dihentikan, tournament referee masuk court

Tourn referee berbicara dgn Greysia Polii

Pelatih INA berbicara dgn tournament official

Ha Jung Eun/Kim Min Jung akhirnya menang 18-21 21-14 21-12

Greysia Polii/Meiliana Jauhari  setelah menelan kekalahan, Indonesia tetap mendukungmu !

You May Also Like

0 comments