Sex harrasment dan pakaian perempuan

by - 8:01 AM





Lagi hangat-hangatnya berita istri salah satu seorang artis Indonesia yang mengalami sex harrasment berupa kata-kata tidak pantas saat live di akun sosial media – Instagram.

Gak terima, si suami pun memburu si ‘pelaku’. Akhirnya si pelaku ketemu sama si perempuan yang dia lecehkan dan suaminya. Meskipun akhirnya dia emang minta maaf, tapi menurut gue tindakan dia tetep salah dan membutuhkan bantuan buat ‘tobat’.



Tapi, yang lucunya adalah, ketika berita ini di up di salah satu akun gosip sosial media, masih ada segilintir orang yang menyalahkan si korban dan sempet-sempetnya bilang...






Gini, gue pernah baca dibeberapa kasus. Sex harrasment terjadi gak melulu soal pakaian yang dipakai si korban – in this case; women.

Dan, beberapa hari yang lalu juga gue sempet baca thread di Twitter tentang korban pelecehan seksual sampe korbannya trauma. Apa si korban pake baju seksi? Nggak. Apa si korban naked? Nggak. Kalian coba deh baca kasus di Kaskus, apa korbannya pake pakaian bikini? Nggak.


Source: Twitter @jiemiardian
[maaf Threadnya gak semua dimasukin, karena banyak. Tapi, gak mengurangi point yang ingin disampaikan]


Dibeberapa kasus, korban malah gak sama sekali mengenakan pakaian seksi dan mengundang nafsu. Ya gimana, ya, kalo si perempuannya udah pake baju tertutup tapi masih kena sex harrasment, itu sih emang si pelaku aja yang otaknya “kotor”.

Sorry to say, tapi gue bener-bener geregetan banget sama segilintir orang yang selalu menyalahkan pihak perempuan kalo terjadi sex harrasment. Udah jatuh, tertimpa tangga. Udah jadi korban, disalahkan juga. Miris. Apalagi kalo yang menyalahkan adalah sesama perempuan. Pikirannya dimana? Hatinya dimana?

“Pakaiannya seksi kali, tuh.”
“Nerawang kali.”
“Gak ada asep kalo gak ada api.”

Bahkan, tanpa perlu berpakaian seperti itu pun, sex harrasment bisa kejadian kapan aja dan menimpa siapa aja. Sedihnya, ada beberapa situasi yang dianggap normal terjadi alias biasa-biasa aja, padahal itu termasuk ke dalam salah satu tindakan sex harrasment.

Miris ada orang yang bukannya membantu mental si korban buat up lagi, tapi malah dibikin down dengan memojokkan si korban dan dengan dalih soal pakaian.

Kalo sex harrasment cuma perkara soal baju, apa kabar sama kasus orang-orang bercadar yang juga kena sex harrasment? Please, anyone can explain this to me?



Gue gak selalu nyalahin si pihak laki-laki. Tapi, jangan juga selalu memojokkan si korban. Seolah-olah apa yang kejadian adalah salah si korban. Gak ada yang mau kena sex harrasment, loh.

Dan, buat yang bilang...



Mba/Mas, bukan soal baperan. Tapi, yang namanya sex harrasment itu udah jelas harus ditindak sebelum kejadian yang nggak-nggak. Kalo kita ngebiarin gitu aja, si pelaku gak akan nyadar kalo tindakannya salah. Sex harrasment itu udah kayak virus, cepet banget nyebarnya. Semua kejadian besar itu terjadi karena adanya hal-hal kecil yang disepelekan.

Kalo masih ada yang berpikir ini kembali lagi soal apa yang kita pakai, gue mau kasih tau... Gue juga pernah ngalamin yang namanya sex harrasment berupa; digodain, dipanggil-panggil – cat calling.

Keadaan waktu itu; gue gak mengenakan pakaian yang mengundang. Gue pake jaket, dan pake masker. Dimana mengundangnya?

“Ah, lebay. Digodain aja bilangnya pelecehan sexual.”

FYI, sex harrasment itu banyak bentuknya. Bisa berupa verbal maupun non verbal. Jadi, sex harrasment gak melulu soal sentuh-menyentuh.  

Contoh simpelnya; ketika lo lewat di depan segerombolan orang, dan lo disuit-suitin. Itu udah termasuk ke dalam tindakan sex harrasment. Dan, lo boleh marah. Kecuali, kalo lo orangnya emang demen digituin.

Yang bikin sedih adalah, banyak orang yang gak paham tentang sex harrasment yang harus ditindak. Dan disepelekan. Kadang, kalo kita ngadu cuma dibalas,”Cuma digodain aja, ‘kan? Gak disentuh, ‘kan? Gak diapa-apain, ‘kan? Yaudah.”

Ku ingin marah......

Melampiaskan.....

Kalo masih gak paham apa itu sex harrasment. Nih, gue kasih tau pengertiannya.

Pelecehan seksual (sexual harassment) adalah segala macam bentuk perilaku yang berkonotasi atau mengarah kepada hal-hal seksual yang dilakukan secara sepihak dan tidak diharapkan oleh orang yang menjadi sasaran, sehingga menimbulkan reaksi negatif.

Contoh-contoh tindakan sex harrasment:

kontak fisik yang tak perlu, menyentuh atau menepuk
kata-kata yang tidak bisa diterima dan sugestif, lelucon, komentar mengenai penampilan dan ucapan lisan yang disengaja
mengerling dan undangan yang mencurigakan
mengunakan gambar-gambar porno ditempat kerja
ajakan seksual
serangan fisik dan perkosaan

Jadi, tolong. Ketika lo ngeliat orang lain sedang mengalami sex harrasment, bantu. Karena, ada beberapa korban yang gak berani buat ngomong atau bahkan melawan si pelaku. Kalo gak bisa bantu untuk ngelawan si pelaku juga, bantu dia buat jaga mentalnya. Bukan malah semakin memojokkan dan menyalahkan si korban.

Dan, juga, kalo ada yang curhat dia mengalami sex harrasment, please dengerin. Karena kadang, orang menganggap remeh cerita orang lain. Yang padahal, si korban bener-bener lagi ngerasa ketakutan dengan hal yang baru aja dia alami.

Buat temen-temen perempuan, tolong aware sama sekitar. Dan, jangan takut buat bertindak ketika kita mengalami salah satu tindakan sex harrasment.




Source: Screenshoot Instagram. 
[Nama dan foto orang-orang di atas disensor, demi kebaikan bersama]

You May Also Like

1 comments