#ChitChatNN: Strategi Marketing ampuh!
Link sumber gambar: https://www.yukepo.com/life/bisnis-oleh-oleh-kue-para-artis-ini-bikin-usaha-oleh-oleh-khas-daerah-terancam
Belakangan ini, banyak banget deretan
artis-artis yang membuat usaha kue khas daerah. Begitu katanya.
Jadi, mereka menggabungkan sebuah nama
kota dan nama produk yang akan mereka jual. Misal; Medan Napoleon, Makassar
Baklave, Surabaya Snow Cake, Mamake Jogja, dan lain-lain.
Beberapa nama oleh-oleh diatas merupakan
produk para artis Indonesia.
Cuma dalam hitungan waktu sekejap dari grand
opening, kini toko-toko kue yang mereka bangun sudah mendapatkan pelanggan
yang luar biasa banyaknya.
Ada pula yang sengaja datang ke Jogja
untuk mencicipi kue oleh-oleh milik Zaskian A.M ini.
Wow, such a good marketing.
Diantara banyaknya komen eluhan tentang
para artis yang mulai membuka toko kue dengan nama khas daerah ini, ada point
yang harus digaris bawahi dan menarik untuk dibahas.
Strategi Marketing.
Menurut gue, kesuksesan-kesuksesan itu
gak luput dari strategi marketing mereka yang jitu.
Pertama, of course dengan nama
besar yang mereka punya, siapa sih yang gak tertarik buat mencoba.
Kedua, dengan followers mereka
yang banyak di-instagram, sudah pasti menjadi cara ampuh untuk
mendapatkan pelanggan.
2 point aja cukup untuk membuat toko kue
mereka laku keras.
Penyebaran lewat dunia maya ini adalah
strategi paling bagus untuk jaman millenial kayak gini. Jadi, orang gak
perlu lagi repot-repot nyetak brosur dan melakukan promosi dari mulut ke mulut.
Udah ada sosial media. Tinggal
cekrek-cekrek dan pemilihan angle yang bagus, selesai.
Tapi, dibalik kesuksesan produk-produk di
atas, ada beberapa hal yang gue sesali. Kenapa disaat mereka memutuskan untuk
membuat produk kue harus menyematkan nama suatu daerah/kota? Alih-alih menjadi
makanan khas oleh-oleh.
Kenapa mereka gak semacam kayak mempopulerkan
lagi makanan-makanan khas daerah yang memang udah ada? Kenapa mereka harus
membuat sebuah produk baru yang...its totally bukan khas dari daerah
tersebut?
Sayang sih, seharusnya dengan strategi
marketing jitu yang mereka punya, mereka bisa loh buat mengangkat beberapa
makanan khas daerah yang emang bener-bener orang belum banyak tau.
Dibanding membuat produk baru, kenapa
kita gak coba melestarikan produk yang memang sudah sejak dulu ada. Gitu sih
istilahnya.
But ya, semua
kembali pada pribadi masing-masing. Lagian, kita gak bisa kan memaksa orang
lain untuk mempunyai satu pemikiran yang sama dengan kita?
So, dengan
seiringnya bermunculan produk-produk baru, mudah-mudahan makanan khas daerah
yang ada di Indonesia tidak tergerus jaman yang semakin maju.
Btw, jangan lupa check pendapat Nanoki soal hal ini: DISINI.
2 comments
Yup. bener banget. terkenal sendiri merupakan modal terbesar dalam pemasaran kue artis tersebut. orang biasanya nggak terlalu peduli ama jualannya, yg penting milik artis. makanya dalam promonya, si artis bukannya ngasi diskon, tapi ngais kesempatan poto bersama.
ReplyDeletemasalah mempertahankan jajanan tradisional, entahlah. karena bagi pebisnis, yang penting keuntungan yang besar bisa didapat. :(
Dan, faktor; yg penting kekinian:(
Delete