No Money = No Friends (?)

by - 7:02 PM



Temen a.k.a ‘Temen’.

T E M E N.

Kalo pepatah dulu bilang: “Pagar makan tanaman.”

Kalo jaman sekarang musimnya: “Temen brengsekin temen.”

Sadis, ya? Kayak lagu afgan..

Kalo denger kalimat-kalimat ini pasti udah gak akan asing.

“Woi, udah sukses lu sekarang. Jangan lupa sama temenlah.”
“Lu ngaku temen gue? Kemana lu waktu gue susah?”
“Lah, ada gue.”
“Bantuin gue pas gue lagi susah?”
“...”

Atau

*kita lagi diatas*
“Woi, pinjem duit lah. Gue lagi butuh. Ntar gue balikin kok.”
“Iyak sip brader.”

*kita lagi dibawah*
“Brader, lu bisa bantu gue gak? Gue lagi butuh dana nih.”
“Yah, sorry yak bukannya gak mau bantu nih, tapi gue juga lagi gak ada.”

Atau
“Brader, sorry, uang yang kemarin lu pinjem udah ada belom? Gue lagi butuh dana nih.”
“Yah, ntar dulu yak. Gue belom ada.”
“Kapan yak kira-kira, brader? Sorry nih ya sebelumnya, gue lagi kepepet.”
“Iyak, ntar yak. Kalo ada uangnya gue bayar kok.”

Beberapa hari kemudian, dia update di sosmed lagi jalan-jalan. :”)

“Dasar, %&%%#%$#%$&^&&^$.”

Pernah nemuin temen yang kayak gitu? Pasti pernah.

Pernah punya temen yang lu bantu setiap saat, tapi lupa kalo lu lagi butuh bantuan dia?

Pernah punya temen yang sama sekali gak nganggep lu ada ketika lu lagi dibawah? Tapi, kalo lagi diatas, nyanjungnya lebih dari saudara.

Temen? Bullshit.

Jangan ngaku temen kalo lu Cuma inget sama dia ketika butuh aja, bro. Jadi temen gak perlu sebrengsek itu kok.

Pernah lu ngebantuin orang yang sampe mati-matian lu bela dia lagi susah, tapi ketika lu yang susah lu malah ditinggal? Gue pernah.

Punya temen yang baiknya setengah mampus kalo kita lagi diatas, tapi busuknya setengah mati kalo kita lagi dibawah? Gue punya.

Gue kadang bingung ya sama orang-orang yang kayak gitu, maunya apa?

Memanfaatkan kata ‘teman’ hanya untuk kepentingan pribadi bersifat materi?

Semurah itukah arti ‘teman’ jaman sekarang?

Ada uang, lu temen gue. Gak ada uang, ya gue gak kenal lu.

Harus ya semua pertemanan harus didasarkan materi? Ketika lu berfikir kalo pertemanan hanya sebatas materi, disitulah lu harusnya sadar kalo pemikiran lu gak jauh lebih baik dari orang-orang diluar sana yang gak sekolah tapi masih punya etika.

Kalian pernah denger kalo bahagia gak harus dengan uang?

Sama dengan pertemanan, gak harus selalu soal uang. Tapi, ketulusan.

Semurah itukah harga pertemanan sekarang? Hanya diukur dengan seberapa besar materi yang kita punya. Gak ada uang, ya lu ditendang.

Rasanya, gak etis kalo mengatasnamakan teman atas dasar kepentingan pribadi untuk memanfaatkan. Apalagi bicara uang.

Inget, ada beberapa hal didunia ini yang gak bisa dibeli dengan uang:
-          Keluarga
-          Persahabatan
-          Waktu & kenangan


At the end i just wanna say: berteman bukan Cuma soal materi. Tunjukin jiwa care dan sosial lu disaat temen lu butuh. Ini bukan soal balas budi, tapi ini menyangkut soal hati dan jiwa sosial lu.

Inget, semua perbuatan baik dan buruk pasti bakal ada balesannya. Walaupun ya memang balesannya gak langsung dirasain, tapi semua Cuma soal waktu. Kalo lu takut rugi karena udah nolongin orang lain, berarti secara gak langsung lu gak percaya akan keberadaan Tuhan sendiri soal; setiap kebaikan pasti bakal ada balesannya.

Karena, teman, gak harus soal uang.

Nb; duit emang gak dibawa mati, tapi utang pasti diperhitungkan kelak.


You May Also Like

0 comments