[Mozaik Blog Competition 2014] Dunia sang Literasi.

by - 9:39 AM

Event Mozaik Blog Competition sponsored by beon.co.id




Airmata adalah bahasa kalbu ketika mulut tak dapat mengungkapkannya. Dan tulisan adalah bahasa kalbu ketika sebuah airmata telah lelah untuk selalu ‘berbicara’.

Mungkin untuk sebagian orang menulis adalah sebuah hal yang begitu sepele. Ya, karena tidak semua orang menyukai sebuah tulisan. Bahkan, rata-rata orang di Indonesia sangatlah malas untuk membaca. Padahal, jika mereka ingin mengerti sedikit saja tentang dunia menulis, ini adalah dunia dimana lo bisa menjadi diri lo sendiri. Ini adalah dunia dimana lo bisa menulis apa yang lo mau. Bahkan, ini adalah dunia dimana lo bisa membuat alur tulisan sesuka hati lo dan ingin dibawa kemana tulisan tersebut. 

Lo tahu gak? Salah satu sarana terbaik untuk ‘melampiaskan’ amarah dan kesal adalah dengan menulis. Diantara kalian, pasti pernah menulis buku diary kan? Nah, apa yang kalian rasa setelah mengeluarkan semua unek-unek kalian atau bahkan bercerita panjang lebar dalam sebuah buku harian? Lega kan? Ya setidaknya kalian merasa seperti telah melepaskan sebuah beban.

Menulis itu indah. Dengan menulis, kalian dapat membuat banyak orang menyatu dalam sebuah tulisan.
Menulis itu unik.  Karena hanya orang-orang tertentu yang dapat mengembangkan imajinasinya untuk menulis.

Kalian tahu beberapa film besar di Indonesia, bahkan di dunia, seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, 5Cm, Titanic, Fast and Furious, dan sebagainya? Siapa orang dibalik kesuksesan film tersebut? Mungkin sebagian dari kalian berfikir bahwa sutradara dan sang pemainlah yang berperan besar dalam suksesnya sebuah film. Kalian salah, ada sosok yang jauh lebih berperan untuk suksesnya sebuah film. Sang penulis skenario film atau script writer. Betapa sulitnya untuk menjadi seorang script writer. Dia harus menulis jalan cerita yang sangat apik agar hasil filmnya kelak juga akan sangat bagus. Belum lagi jika harus ada kendala selama proses pembuatan film. Kecelakaan atau kematian yang melibatkan pemain utama, misalnya. Dengan begitu, sang script writer diharuskan untuk mengubah sedikit jalan cerita. Dan itu bukan pekerjaan yang mudah.

Banyak orang yang meremehkan seseorang yang berlatarbelakang sebagai penulis. Katanya, seorang penulis itu gak bisa sukses. Kata siapa? Coba lihat beberapa penulis yang bisa sukses. Andrea hirata contohnya. Guys, untuk menjadi sukses itu tidak mudah. Tidak ada cara yang instan untuk meraih sebuah kesuksesan. Mereka, para penulis hebat, jelas tidak melalui cara yang mudah untuk sukses. Perjuangan yang mereka lakukan sangatlah sulit. Tapi, dengan kesungguhan mereka, keyakinan mereka, akhirnya banyak terlahir penulis-penulis hebat. Dan banyak pula karya mereka yang diangkat menjadi sebuah perfilman.

Bagi gue, menulis sudah mendarahdaging dalam hidup gue. Sejak kecil gue senang sekali menulis. Gue bukan tipe orang yang suka menulis buku diary. Tapi, gue tipe orang yang sangat suka berimajinasi. Dari imajinasi-imajinasi itulah lalu gue tuangkan kedalam sebuah tulisan. Hasilnya? Ya, not bad lah ya bagi seorang penulis amatir seperti gue. Bahkan, banyak yang merespon kalau tulisan gue bagus hehe.

Awal gue mulai nulis di blog ini juga dulu gak banyak bercerita karena takut gak ada yang suka sama tulisan gue. Jadi gue share beberapa informasi aja di blog gue. Tapi, ada salah seorang temen gue yang nyaranin buat nulis cerita disini karena doi suka sama tulisan gue. Akhirnya, mulai berani deh gue bercerita di blog kesayangan gue ini. Dan ada salah satu cerita yang dapat respon amat baik dari pembacanya, kalian bisa liat di blog gue dengan judul “AKU IKHLAS TUHAN” (Back To Desember). Mungkin itu adalah tulisan terbaik yang bisa gue tulis sejauh ini. Orang-orang gak harus suka sama apa yang gue tulis. Mereka cukup harus memahami apa yang gue tulis dan masuk bahkan ikut merasakan apa yang gue tulis.

Buat gue, menulis merupakan dunia kedua. Dunia dimana gue bisa ‘menciptakan’ hal yang gak bisa gue lakukan dalam kehidupan nyata. Dunia dimana gue dapat menjadi diri gue seutuhnya.

Bahkan udah banyak suka duka yang gue alami selama perjalanan gue buat terus nulis.

Awalnya, begitu susahnya buat ngumpulin mood yang bagus buat nulis. Itu bagian tersulit dalam hidup gue. Kalau satu hal aja bisa ngerusak mood gue, maka apa yang udah gue pikirin buat nulis juga buyar.

Gak itu aja kendala awal gue nulis, dulu banyak orang-orang yang meragukan gue buat jadi penulis. Mereka bilang gue terlalu Wanna Be lah atau apa lah. Tapi, justru orang yang selalu meremehkan gue itulah yang akhirnya bikin gue semangat untuk terus nulis. Gue mau buktiin sama mereka, kalau mereka gak bisa meng-underestimate-kan seseorang akan sebuah cita-citanya.

Dan hasilnya, Alhamdulillah sampai sekarang gue masih bisa terus nulis. Ya walau hasilnya gak selalu bagus.

Tapi gue seneng banyak yang ngerespon tulisan-tulisan gue. 

Salah satu kebahagiaan menjadi seorang penulis adalah, kalian dapat menyatukan banyak orang dalam sebuah tulisan kalian. Bagi gue, itu adalah sebuah kebahagiaan yang tidak ada tandingannya.

Menulis merupakan sebuah karya yang berharga menurut gue. Sama berharganya seperti sebuah berlian. Gak ingin ada satu orang pun yang mencuri hasil dari pemikiran diri sendiri. Dan bagi para copyer, gue harap kalian bisa lebih menghargai sebuah karya orang lain. Kalian tidak tahu bagaimana seseorang telah susah payah menuangkan idenya menjadi tulisan. Bagi gue, apabila ada seorang yang memproklamirkan dirinya sebagai penulis, namun suka mencuri hasil karya orang lain maka ia sudah tak layak lagi disebut penulis. Karena seorang penulis sejati akan selalu menghargai hasil karya orang lain dengan cara tidak meng-copy-paste-nya.

Untuk menjadi seorang penulis, kalian gak harus kok bikin buku. Gak juga harus jadi seorang blogger. Begitu banyak cara untuk menjadi seorang penulis. Hanya dengan membagi tulisan kalian kepada orang lain, kalian sudah termasuk sebagai penulis.

So, come on...

Menulislah. Dan berbagi dunia dengan orang lain. Itu menyenangkan kok.

Menulislah dengan hati. Bukan dengan emosi.

Menulislah dengan hati. Tanpa dikejar sebuah eksistensi.

Kesempatan untuk menjadi seorang penulis itu sangat banyak, tantangannya hanya satu. Kemauan dari dalam diri sendiri.

Sekian dari gue, teruslah berjaya para penulis-penulis muda hebat. Teruslah menulis dan temukan dunia kalian.

usaha tanpa kritik pedas orang lain, bagaikan gorengan tanpa cabe. taste-nya kurang menantang.

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." - Pramoedya Ananta Toer

"Menulis seribu kalimat dimulai dengan satu huruf" - Alfian Malik

You May Also Like

22 comments

  1. Gue suka tulisan lo ka,dan banyak quotesnya juga hehe. gluck ya semoga bisa jadi penulis lebih wow nantinya.amin haha:)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih ya sudah mampir haha, aamiin yaaRabb. keep read & enjoy!

      Delete
  2. gue suka banget baca berbagai macam buku, dan pernah mencoba iseng untuk buat tulisan sendiri , ternyata susah banget yah , mencari dan menyusun kata-kata sedemikian rupa supaya dimengerti oleh pembaca, hehe,, Tulisan Nikaa kereen, mengena dan mudah dipahami ,, semangat Nikaa, semoga bisa jadi penulis layaknya JK Rowling, Tere Liye, dll .. Amiin ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe terimakasih adah sudah mau mampir, aamiin yaaRabb. keep read & enjoy!

      Delete
  3. I like it nika haha . Suka banget baca ini, kata-katanya ngalir banget. Ga ngerti deh lo dapet "wangsit" darimana haha.. simple tapi pas. Good luck buat ke depannya. Semoga lo bisa terus kembangin bakat nulis lo ini :)

    ReplyDelete
  4. Tulisannya nika bagus bangeet dan gampang dicerna bagi pembaca, ide-ide buat tulisannya dapet aja inspirasinya.
    Semoga menjadi penulis hebat dan terus menghasilkan tulisan yang bagus-bagus lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha lebay ah berlebihan, anyway thanks loh udah mau mampir kesini

      Delete
  5. menjadi penulis itu prosesnya emang sulit, selain butuh kerja keras dan konsistensi terkadang kita juga butuh sedikit keberuntungan. Menurut gue kita gak hanya berjuang dalam proses tapi setelah karya itu lahir kita tetap harus berjuang, dan bertanggung jawab terhadap tulisan kita.
    Anyway gue cukup termotivasi setelah baca postingan ini ^^ .
    Terus berkarya dan tetap semangat ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. agree! thanks nanoki for help me haha. salam blogger! semoga makin maju juga blog lo ya.

      Delete
  6. a a aaa cakep, setuju banget, suka banget baca postingan ini dan yg sebelum sebelum nya.
    Jadi makin semangat nulis juga ini mba, cuma suka minder, takut tulisanya jelek :(
    gluck deh mba ya, sukses selalu :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hilangin rasa mindernya, optimis. itu kuncinya. sayang loh punya bakat gak dikembangin :p at all, thanks ya udah mau mampir hehe

      Delete
  7. Makasih ya mba buat pencerahan dan motivasi nyaa .. :) sukses terus mba nika ditunggu postingan berikut nyaa ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setua itu kah gue harus dipanggil mba? haha. aamiin, thanks ya udah mau mampir.

      Delete
  8. suka bgt sama postnya yg ini .. dari bahasanya yg gak berbelit dan mudah dimengerti sampe maksud dan tujuannya yang mudah dipahami .. teruskanlah berbagi dunia dengan orang lain dengan cara menulis .. smoga dari hari ke hari karyanya akan lebih bagus lagi .. good job nikka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih banyakkkk wenty, makasih juga udah selalu mampir kesini ya.

      Delete
  9. Keep Going... Move on Fernika.... Makin Maju Blog nya ^^

    ReplyDelete
  10. Keren!!!!! Nika otak lo otak bikinnya digoogle kali ya pinter banget nulis ada aja ide yang nyangkut.. but I love it!! Keep going be success nik \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. berlebihan dah bang haha, tapi makasiiiih. kembangin juga tuh blog lo. sukses bareng-bareng, aamiin.

      Delete
  11. Gara-gara tulisan lo, gue jadi tergerak buat nulis nih fer, dimulai dari nulis komen disini deh :)) haha KEREN FER!

    ReplyDelete