Review: Goedam 2020

by - 8:50 PM


 

SPOILER ALERT!

 

Jadi, awal mula tahu serial ini dari Twitter yang bilang kalau Goedam bagus. Penasaran dan kebetulan ini serial yang baru banget keluar, akhirnya memberanikan diri untuk nonton.

 

Goedam sendiri merupakan serial horror Netflix yang berjumlah 8 episode. Dengan masing-masing episode berdurasi 8 menit. Sebenernya, kalau menurut gue, cerita dalam setiap episodenya gak sampe 8 menit. Kadang ada yang cuma 4 menit, sisanya credit.

 

But at all, Goedam layak masuk sebagai kategori horror terbaik tahun ini. Selain dari pengambilan gambarnya, efek suaranya, jumpscarenya, jalan ceritanya pun to the point dan sampe ke penonton.

 

Awalnya, gue pikir serial Goedam akan kebanyakan kayak horror lainnya. Ya, paling mentok jumpscare. Tapi, ternyata Goedam menawarkan lebih dari itu. Hampir di semua adegan, menurut gue Goedam terbilang cukup sadis dan menyeramkan. Karena, gue orangnya takut sama darah, jadi Goedam cukup membuat gue ngos-ngosan tiap ngabisin satu episodenya.

 

Bahkan, ada di beberapa episode yang bikin gue beneran ngerasa deg-degan. Goedam merupakan serial horror yang terdiri dari beberapa cerita. Dan, setiap episode, ceritanya gak sama sekali saling berkaitan.

 

And, here we go...

 

SPOILER ALERT!

 

1.       Crack

Di episode pertama, dengan latar sekolah, salah seorang siswa meninggal. Nggak dijelaskan meninggalnya karena apa, tapi, kepergiannya menjadi sosok penuh dendam yang menghantui seorang temannya dan membunuhnya secara sadis di toilet sekolah. Tidak tanggung-tanggung, hantu tersebut membunuh temannya dengan membalikkan tubuhnya masuk ke dalam toilet. Kepalanya masuk ke lubang toilet, membuat tubuhnya berdiri dengan posisi kaki di atas.

 

2.       Destination

Mirip dengan cerita urban di mana seorang supir taksi atau ojek atau segala jenis pekerjaan yang menawarkan jasa antar, dihantui oleh penumpang yang ternyata bukan manusia. Di cerita ini, di kisahkan seorang supir taksi yang kedapatan membawa penumpang ke tujuan yang tidak terdeteksi di google maps. Sepanjang perjalanan, keadaan taksi begitu sunyi. Hingga tiba di sebuah perempatan, ‘penumpang’ tersebut meminta belok ke kanan. Sedangkan, jalanan tidak memungkinkan untuk berbelok. Dan, di sinilah sang ‘penumpang’ mulai ‘beraksi’. Akhir cerita, sang supir akhirnya meninggal dengan keadaan mata terlepas.

 

3.       Special Guest

Menceritakan seorang streamer terkenal yang sedang mengenalkan rumah baru kepada viewersnya melalui aplikasi online. Namun, di tengah-tengah streamingnya, ada keanehan yang terjadi. Satu per satu benda yang ada di kamarnya terjatuh. Membuat para penontonnya penasaran. Tapi, ternyata semua itu hanya settingan. Semua masih terasa menyenangkan sampai saatnya ia membuka aplikasi foto di ponselnya. Bermain-main dengan filter dalam aplikasi tersebut. Dan, keanehan sesungguhnya pun terjadi. Filter pendeteksi wajah itu lama-lama menjadi banyak. Padahal, hanya ada ia sendiri di dalam rumahnya. Ia pun menjadi ketakutan dan akhirnya tewas dibunuh oleh sosok yang menyerupai dirinya sendiri.

 

4.       Curiousity

Kalian tahu cerita urban yang diputer-puterin atau dibuat bingung atau dibuat berkeliling di situ-situ aja oleh makhluk halus? Pada episode kali ini, seorang siswa yang berniat untuk mengambil buku di kelasnya harus menyaksikan sesosok makhluk halus datang mengejarnya. Makhluk yang berjalan dengan merangkak itu berlari ke arahnya, membuat seorang siswa tersebut ketakutan. Saat ia menuruni anak tangga dan berniat kabur dari sekolahnya, ia justru terus berlari dan memutari anak tangga di lantai yang sama. Hingga akhirnya, ia pun menyadari bahwa ia tidak berlari kemana-mana.

 

 

5.       Red shoes

Kematian seorang siswi sengaja ditutupi oleh salah satu guru yang mengajarnya. Teman-teman sekelasnya mengatakan, bahwa siswi tersebut tewas dengan badan yang setengah hancur. Pada malam tiba, guru yang menutupi kematian siswi tersebut menerima pesan singkat dari salah satu muridnya. Pesan tersebut mengatakan bahwa,”Temuilah aku di ruang kelas.” Sang guru pun menghampiri. Namun, yang ia temui bukanlah muridnya, melainkan sosok seorang siswi yang sudah tewas tersebut. Pada akhir cerita, terlihat sosok hantu siswi tersebut memakai sepatu yang dipakai oleh sang guru.

 

6.       Dimension

Ada sebuah cerita yang ‘katanya’ dengan memencet tombol tertentu dalam sebuah lift, kamu akan bisa berpindah ke dimensi lain. Seorang pemuda yang telah tewas menuliskan cerita itu dalam sosial medianya. Kematiannya dianggap tak wajar oleh kepolisian. Setelah mendapati cerita yang ditulisnya sebelum meninggal, sang polisi pun merasa penasaran. Apakah cerita yang ia tulis ini benar adanya? Dan, polisi tersebut mencoba teknik yang pemuda itu lakukan. Benar saja, polisi tersebut bertemu dengan sesosok hantu perempuan di dalam lift yang membuatnya tewas di tempat kejadian. Namun, keesokkan harinya, polisi tersebut muncul dengan baju yang sama persis seperti orang yang tewas di dalam lift tersebut. Menurut kalian, mana polisi yang asli?

 

7.       Threshold

“Jangan copot jimat yang ada di ambang pintu,” ujar istri seorang laki-laki. Ketidak percayaan laki-laki tersebut pada jimat yang dipasang istrinya pun berbuah petaka. Tepat saat ia mencopot jimat yang terdapat di ambang pintu kamarnya, sosok makhluk tinggi besar pun menghantuinya. Tak hanya menghantui, ia bahkan ditemukan tewas dengan luka cakar di wajahnya tepat di ambang pintu kamarnya.

 

8.       Birth

Di negara ini, ada sebuah kutukan bernama Yeommae. Seorang dukun menculik anak-anak seseorang dan sengaja membuatnya kelaparan sampai mereka kurus kering dan sekarat. Lalu, mereka dibunuh agar rohnya bisa ditangkap dan dipakai. Begitulah prolog dari episode terakhir Goedam. Menceritakan seorang dukun yang menculik anak-anak, dan membunuhnya. Namun, di akhir cerita, roh-roh yang telah ia bunuh balik menyerangnya. Menyebabkan ia tewas karena ulahnya sendiri.

 

Nah, itulah semua episode yang ada dalam serial Netflix, Goedam. Jika kalian berani, silakan menonton serial tersebut. Bagi yang tidak menyukai adegan-adegan sadis, gue tidak menyarankan kalian untuk menonton ini. Meski jalan cerita hanya dalam hitungan menit, namun cerita tersebut dapat membuat sebagian penontonnya ketakutan.

 

Goedam, keren...

You May Also Like

0 comments