breakdancer, breaker, b-boy, b-girl

by - 11:36 AM




Breakdance, breaking, b-boying atau b-girling adalah gaya tari jalanan yang muncul sebagai bagian dari gerakan hip hop diantara African American dan anak muda dari Puerto Rico yang dilakukan di bagian selatan New York City yang brutal pada tahun 1970. Pada Umumnya tarian ini diiringi lagu hip hop,rap, atau lagu remix(lagu yang di aransemen ulang). 

 Seorang breakdancer, breaker, b-boy atau b-girl adalah orang yang memainkan gerakan breakdance.

Dari jalan menjadi tarian   


Breakdance mulai muncul dipelopori oleh mendiang Alm. Michael Jackson. Michael Jackson adalah orang yang mendorong pertumbuhan Breakdance. Jacko mulai memperkenalkan robot dance atau gerakan yang menyerupai robot pada lagu-lagu yang dibawakannya pada tahun 1974 di penampilan perdananya di televisi. Selain itu, di setiap penampilannya Jacko juga selalu membawakan berbagai macam gerakan yang cukup melegenda, salah satunya ialah moon-walk. Jacko juga selalu menemukan tarian-tarian baru yang membuat siapa saja yang melihatnya langsung penasaran dan mencoba mengikuti gerakan yang dibawakannya. Pada saat itu memang hanya Jacko yang cukup melegenda dengan tarian-tarian yang langsung menyebar seperti virus dan membuat orang-orang berusaha mengikuti gerakan-gerakan yang dibawakanya.

Perkembangan jenis tarian yang satu ini pun sangat pesat, bahkan beberapa komunitas di Amerika mulai terbentuk. Pada tahun 1980'an, breakdance sudah menjadi seperti fashion di Amerika. Hampir di setiap malam di beberapa bagian kota terdapat beberapa komunitas yang saling menunjukan kebolehannya dalam melakukan jenis tarian ini.
Setelah sempat menjadi "sampah" di beberapa tempat umum tersebut, akhirnya breakdance mulai menunjukan kelasnya. Pada akhir tahun1980, mulai banyak kompetis breakdance yang resmi bermunculan dan Battle Of The Year merupakan salah satu kompetisi yang sangat berkelas. Kehadiran kompetisi ini langsung diikuti dengan berbagai kompetisi lainnya yang seara tidak langsung mengangkat kelas jenis tarian ini.
Breakdance mulai menunjukan geliatnya ketika DJ Koll Herc mulai menghasilkan musik yang sedikit berbeda dengan musik-musik pada zaman tersebut. Sebuah musik Hip Hop dengan beat yang patah-patah atau biasa disebut dengan break beat. Ialah yang berjasa dalam menghasilkan musik yang dapat menginspirasi para breaker menciptakan gaya-gaya yang atraktif dan unik.



Namun untuk di Indonesia sendiri, kehadiran Breakdance, Breaking, B-boying, b-girling masih kurang banyak peminatnya. Karena di jaman trend sekarang ini, anak muda lebih condong ke ‘aliran’ shuffle dance. Terakhir gue cari informasi tentang shuffling, peminatnya kian bertambah. Para shuffler (sebutan untuk penari shuffle dance) kian merebak dimana-mana. 

Baik shuffle maupun breakdance sama-sama menyenangkan bagi yang mengikutinya. Namun seiring perkembangan jaman, gue pun yakin kalo breakdance akan banyak juga peminatnya. Emang masih jarang sih komunitas buat breakdance itu sendiri, tapi udah cukup banyak kok yang bikin komunitas breakdance.
Lo penasaran gimana sih para breakdancer, breaker, b-boy, b-girl beraksi? Datengin aja langsung komunitas breakdance itu sendiri. Gue udah survey kok tempat-tempatnya, tapi yang gue inget cuma salah satu komunitas yang di daerah kalibata. Sisanya lupa -__- maaf ya maklum haha.

Atau kalo gak lo bisa nonton film yang ada breakdance nya, misalnya kaya Step Up. Itu juga ada breakdance nya ;)

So, kalo mau jadi yaa kalo jaman sekarang bahasanya AGJ (Anak Gahol Jakarta) ga harus jadi shuffler atau sexy dancer kok! Jadi breakdance, breaker, b-boying, b-girling juga kecee B-) 

Malah sekarang gue juga tertarik pengen jadi b-girl. *andai bisa* hahaha .

Okee sekian dulu yaa, see you next time ;)

 gerakan breakdance donwnrock


b-girl

b-boy 



para b-girl B-)



see you and be a nice breakdancer ;)



You May Also Like

0 comments